5 Cara Membuat Singkong Super Lezat

5 Cara Membuat Singkong Super Lezat – Singkong goreng enak punya tekstur yang empuk dengan rasa gurih. Gampang dibikin sendiri. Penjual singkong goreng di kawasan Cibubur berikan rahasia membuatnya. Umbi yang satu ini sangat cocok jadi camilan untuk teman minum kopi atau teh. Untuk mendapatkan tekstur singkong yang lembut dan mekar, penjual singkong keju di Jakarta Timur ini punya rahasianya.

Lokasi Singkong Goreng Keju Khas Bandung ini ada di Jalan Lapangan Tembak, Cibubur. Pak Wawan sudah berjualan 12 tahun di sini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat singkong keju adalah singkong Sukabumi, garam, dan beberapa pelengkap seperti margarine, penyedap rasa, susu, keju, meisjes, balado dan barbecue.

Seporsi singkong keju dibandrol dengan harga Rp 15.000. Dalam sehari Pak Wawan bisa menjual 30-40 porsi. Agar singkong yang dibuat mekar, Wawan membuatnya dengan beberapa tahapan sederhana.

1. Pertama gunakan singkong baru yang empuk dan tidak terlalu tua. Pilih yang jenisnya putih. Cuci bersih singkong lalu potong-potong membujur 4 cm tebalnya.

2. Panaskan minyak banyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng potongan singkong hingga terendam minyak selama 30 menit, hingga singkong kekuningan. Angkat singkong dan tiriskan.

3. Siapkan air yang sudah dibubuhi garam secukupnya, aduk hingga garam larut. Masukkan singkong ke dalam air garam dan diamkan hingga mengembang lalu ditiriskan. Tujuan perendaman ini agar singkong empuk dan mekar.

4. Sebelum digoreng, tiriskan potongan singkong. Susun di dalam sendok peniris agar tidak berantakan atau tetap utuh saat digoreng. Goreng kembali dalam minyak panas hingga singkong sedikit kecokelatan dan kering lalu tiriskan.

5. Singkong goreng ini bisa ditaburi dengan susu kental manis dan keju cheddar parut. Bisa juga ditambahkan dengan bubuk balado dan barbeque.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *