5 Tips Maintenance Lift dari intidayaonline.com - Ilmu Point

5 Tips Maintenance Lift dari intidayaonline.com

5 Tips Maintenance Lift dari intidayaonline.com – Lift atau elevator kini lebih menjadi bagian integral dari sebuah bangunan. Bangunan dua lantai saja sudah banyak menggunakan lift, apalagi untuk bangunan tinggi. Pabrikan lift pun berlomba-lomba menghadirkan rentang harga lift yang sangat menarik dengan aneka desain yang bervariasi.

Sebagai perangkat mekanikal dan elektrikal, lift tentu juga memerlukan maintenance atau pemeliharaan agar tetap bisa beroperasi  sebagaimana mestinya. Sama hal nya seperti mobil, lift juga membutuhkan servis rutin berupa servis kecil dan servis besar untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Apalagi tugas utama lift adalah mengangkut orang dari ketinggian, sehingga maintenance sangat penting dilakukan untuk menghindari kecelakaan dan kejadian lain yang tidak diinginkan. Pada maintenance lift, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan di cek kesehatannya, antara lain :

1. Ruang Mesin

Ruang mesin merupakan space khusus di mana mesin sebuah lift diletakkan. Pengecekan di dalam ruang mesin meliputi beberapa komponen alat penggerak elevator seperti Motor, Gearbox, Pulley, ARD (Automatic Rescue Device), dan Rem.

Untuk lift dengan tipe Machine Roomless, mesin memang tidak membutuhkan space khusus diluar konstruksi lift, melainkan diposisikan pada dinding hoistway, tapi hal tersebut tidak berarti bahwa maintenance bisa ditinggalkan. Pengecekan atas mesin dan berbagai komponen penggerak lainnya pun harus tetap dilaksanakan.

2. Kabin / Car / Kereta Lift

Dapat disebut juga dengan Kabin Lift. Merupakan tempat dimana muatan lift berada.

Pada pengecekan rutin, bagian kabin yang perlu diperhatikan adalah Tombol Lift, Motor Pintu, Penerangan Utama. Sementara di bagian luarnya, komponen yang biasanya diperhatikan adalah Guide Shoe & Safety Shoe, dan Safety Edge.

3. Hoistway

Merupakan space kosong vertikal yang dibuat pada sebuah bangunan yang diperuntukkan khusus untuk lift. Space ini merupakan tempat dimana kabin lift meluncur keatas dan kebawah.

Yang perlu diperhatikan pada saat maintenance rutin Didalam hoistway ini adalah tali baja, perlu di cek tegangan dan kesehatannya. Terdapat juga Counterweight, rel, beserta kualitas pelumasannya yang perlu di periksa.

4. Pit Lift

Pit lift adalah lubang di lantai hoistway yang memang sengaja diadakan sebagai tempat peralatan pengamanan jika lift jatuh bebas. Di dalam pit lift ini terdapat semacam spring yang berfungsi untuk meredam kejut jika suatu saat kabin, atau counterweight jatuh.

Pit lift juga menyediakan ruang aman bagi manusia atau benda lain yang tidak sengaja berada di dalam hoistway saat lift operasional agar mereka tidak tergencet kabin saat kabin tiba di lantai paling dasar. Saat pemeliharaan rutin, perlu diperhatikan kondisi pit, apakah ada barang-barang yang mengganggu jalannya lift, apakah ada rembesan air, atau bercak oli pelumas yang tidak pada tempatnya.

5. Landing

Merupakan tombol untuk menghentikan lift. Terdapat pada tiap lantai yang dilayani lift untuk berhenti dan mengangkut penumpang. Pada saat maintenance rutin lift, yang penting diperhatikan pada tiap lantai yang dilayani elevator adalah kondisi dari tombol lift, indikator lantai, dan seal yang berada pada pintu lift. Selain itu juga dilakukan pembersihan pada mekanisme buka-tutup tiap pintunya agar komponen-komponen bergerak pintu lift tidak lekas aus.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *