6 Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 10

6 Cara Menonaktifkan Windows Update – Windows Update merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Windows 10 untuk menggunakan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh para pendahulunya yaitu Windows 8.1, 8, 7, dan sebagainya. Tetapi untuk menikmati berbagai macam fitur yang diberikan Microsoft ke pengguna Windows 10 tidaklah gratis. Hal ini karena untuk mendapatkannya kamu harus mendownload fitur-fitur.

Bagi kamu yang mempunyai kapasitas data Internet Unlimited dan memiliki kapasitas Harddisk yang cukup besar, kamu tidak akan memikirkan hal tersebut. Tetapi untuk kamu yang memiliki keterbatasan dalam data Internet dan kapasitas Harddisk maka mematikan beberapa fitur yang dimiliki oleh Windows 10 adalah salah satu cara yang paling ideal untuk dilakukan.

Note :

~ Mematikan Windows Update dapat membuat keamanan Sistem Operasi kamu menjadi lemah, karena Sistem Operasi yang kamu miliki tidak mendapat pembaruan dari kesalahan-kesalahan (bugs) yang ada pada versi Windows 10 sebelumnya.
~ Tutorial ini hanya bersifat sementara untuk mematikan Windows Update selama kamu tidak mengaktifkan-nya kembali

1. Menggunakan Defer Upgrade

Penggunaan Defer Upgrade merupakan metode yang disarankan dimana dinilai metode yang halus dikarenakan sistem meminta Windows 10 untuk tidak mendownload dan menginstall update dalam waktu yang kamu tentukan hingga maksimal 8 bulan.

Kelebihan menggunakan Defer Upgrade adalah keamanan Sistem Operasi kamu akan masih aman. Kenapa bisa dikatakan masih aman ?, Hal ini dikarenakan kamu masih mendapatkan patch-patch untuk security sampai Windows 10 tidak didukung lagi oleh Microsoft

2. Menggunakan Metered Connection

Selain Defer Upgrade terdapat metode yang dapat dinilai halus juga yaitu Metered Connection. Kamu dapat mengatur koneksi yang seperti apa yang dapat melakukan download Update Windows kamu, bisa saat terhubung dengan WIFI atau Mobile Broadband

3. Menggunakan Windows Store

Metode halus yang terakhir adalah menggunakan Windows Store. Kenapa Windows Store ? karena pada Windows Store tersebut kamu bisa mematikan pembaruan untuk aplikasi-aplikasi Windows kamu yang sudah di instal.

4. Menggunakan Group Policy

Berbeda dengan beberapa metode yang telah dibahas diatas, menggunakan Group Policy paling tidak disarankan dan dinilai metode yang kasar, karena mematikan Windows Update secara paksa dan sedikit rumit. Bagi kamu yang ingin menggunakan metode ini, kamu wajib menggunakan Windows 10 Pro karena memiliki akses ke Group Policy

5. Menggunakan Services Windows Update

Metode Service Windows Update merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh pengguna Windows dari Windows 7 hingga Windows 10 karena langkah-langkahnya yang mudah dari beberapa metode diatas.

Dengan menggunakan metode ini Windows Update kamu dijamin nonaktif dan kamu tidak akan mendapat pembaruan dari Windows sampai Service Windows Update kamu menyalakan kembali. Begitu juga dengan patch-patch Security-nya kamu tidak akan mendapatkan pembaruan-nya dan PC atau Laptop kamu akan sedikit rentan terhadap serangan Virus atau Malware.

6. Menggunakan Command PowerShell

Metode yang terakhir merupakan metode yang hampir sama dengan metode Service Windows Update tetapi berbeda cara penggunaan dan tampilan-nya. Bagi kamu yang suka dengan kombinasi warna hitam dan putih, kamu layak dan wajib menggunakan metode ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *