Alasan Harus Berhenti Konsumsi Minuman Bersoda

Alasan Harus Berhenti Konsumsi Minuman Bersoda – Minuman bersoda memang sangat menyegarkan, itulah sebabnya banyak digemari orang. Namun, dibalik kesegaran minuman bersoda justru membahayakan kesehatan. Ini alasannya.

Manis, dingin dan bersoda adalah pilihan yang tepat kala cuaca panas menyerang. Banyak orang yang memilih minuman bersoda untuk memberikan energi dalam tubuh. Mungkin energi tersebut akan didapatkan, tetapi dalam jangka waktu yang pendek.

Setelahnya kamu akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Apalagi jika diminum secara rutin. Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa dalam minuman bersoda mengandung bahan-bahan yang tidak sehat.

Karenanya mereka menyarankan untuk menghindari minuman bersoda. Dilansir dari Personal Excellence, berikut adalah alasan mengapa kamu harus stop minum minuman bersoda.

1. Kandungan Gula Tinggi

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Setiap kaleng minuman bersoda ukuran 355 ml memiliki total 140 kalori yang semuanya berasal dari gula. Menurut American Association, jumlah maksimum gula tambahan yang harus kamu makan dalam sehari adalah tidak lebih dari 100 kalori atau 6 sendok teh untuk wanita. Sementara untuk pria tidak lebih dari 150 kalori atau 9 sendok teh.

Karena itulah banyak minum minuman bersoda bisa menyebabkan gula darah dalam tubuh menjadi naik dengan cepat. Jika energi dalam tubuh tidak digunakan, maka gula darah tersebut nantinya akan diubah menjadi lemak. Berbeda dengan buah-buahan yang memiliki gula alami. Sementara gula dalam minuman bersoda merupakan gula halus tanpa kandungan serat untuk memperlambat penyerapan.

Banyak minum minuman setiap hari dapat menciptakan banyak masalah dalam kesehatan. Seperti diabetes, peningkatan tekanan darah, penyakit jantung, volume otak yang mengecil, kerusakan memori, kerusakan pembuluh darah hingga penyakit kanker.

2. Meningkatkan Resiko Penyakit

Jika kamu melihat iklan minuman di televisi, kamu akan tertarik. Dalam iklan tersebut minuman soda tampak terasa segar diminum oleh bintang iklan dan itu terlihat keren untuk dilakukan. Padahal jika tahu kandungan di dalamnya, minuman tersebut sama sekali tidak keren. Mungkin perusahaan dari minuman soda akan mengeluarkan uang besar-besaran untuk membuat iklan agar menarik perhatian calon pembeli.

Pemasaran tersebut seakan mengalihkan perhatian kita tentang fakta sebenarnya dari minuman. Faktanya minuman hanyalah air gula yang banyak mengandung bahan kimia. Bahan kimia tersebut juga bisa meningkatkan risiko penyakit, seperti sekresi lambung, meningkatkan serangan asma, menggerogoti lapisan perut serta memperburuk sistem jantung. Hal tersebut juga dibenarkan oleh beberapa penelitian.

Dalam sebuah penelitian mengatakan orang yang mengonsumsi minuman secara rutin sekitar 1 – 2 kaleng atau lebih memiliki risiko 26% lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 daripada orang-orang yang jarang minum minuman. Sementara sebuah studi yang diikuti oleh 40.000 pria menemukan bahwa mereka yang lebih banyak minum minuman memiliki risiko 20% lebih tinggi mengalami serangan jantung.

3. Dapat Mengikis Gigi

Minuman soda juga dapat merusak gigi. Selain dapat menodai warna gigi, minuman juga dapat membuat gigi kamu menjadi terkikis. Jika enamel gigi terkenal minuman dapat menurunkan berat enamel. Enamel adalah lapisan luar yang bisa dilihat. Minuman dapat menyebabkan korosi pada enamel kamu.

Pernyataan ini telah dibuktikan dalam beberapa percobaan. Salah satunya percobaan merendam telur rebus menggunakan sebuah merek dari minuman. Kulit pada telur memiliki komponen yang sama seperti gigi manusia. Ketiga telur rebus tersebut direndam dalam minuman selama 1 tahun, kulit tersebut terkikis dengan sendirinya.

Selain itu daging telur rebus itu juga berubah menjadi warna putih gading dengan bercak kecoklatan. Hal yang sama juga akan terjadi pada gigi kamu, jika kamu terus tanpa berhenti meminum minuman. Gigi yang semakin lama semakin terkikis tentunya akan mengganggu penampilan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *