Botol Susu Kaca vs Plastik | Mana yang Lebih Baik ?

Botol Susu Kaca vs Plastik – Dari dulu masyarakat pada umumnya menggunakan botol susu yang terbuat dari bahan kaca daripada plastik. Pada botol kaca memiliki senyawa Borosilicate Glass yaitu senyawa yang untuk semua peralatan laboratorium. Dengan adanya senyawa tersebut, botol kaca mampu menjaga suhu yang ada dalam botol. Botol juga tidak mudah pecah ataupun retak saat direbus, sehingga memudahkan proses sterilisasi pada botol tersebut.

Tetapi lama kelamaan masyarakat mulai berubah pola pikir, yang semula menggunakan botol susu, sekarang beralih menggunakan botol plastik. Salah satu alasannya yaitu botol kaca memiliki massa yang cukup berat sehingga mudah pecah saat terjatuh dan membahayakan buah bati. Namun, banyaknya pemberitaan mengenai botol plastik berpotensi buruk bagi kesehatan buah hati. Lalu, manakah yang lebih baik ?

Hal yang paling mengkhawatirkan dari botol plastik adalah mengandung senyawa kimia yang disebut dengan Bisphenol A (BPA). Senyawa ini biasanya terdapat pada bahan-bahan yang terbuat dari kaleng, biasanya untuk pembuatan compact disk. Sedangkan untuk botol susu berbahan kaca tidak memiliki bahan kimia yang akan terserap oleh susu dan terminum oleh buah hati Anda. Tetapi Anda pasti berpikir, bagaimana mungkin anak kecil dapat meminum susu dari botol kaca yang cukup berat dan mudah pecah saat terjatuh.

Terdapat tiga (3) macam botol bayi yaitu botol plastik biasa, botol plastik sekali pakai dan botol kaca. Untuk memilih botol mana yang lebih baik, coba lihat angka pada bagian bawah botol.

~ #1, #2 dan #4 menandakan bahwa botol tersebut terbuat dari polyethylene.
~ #5 menandakan bahwa botol terbuat dari polypropylene.
~ #7 menandakan bahwa botol terbuat dari polycarbonate sehingga terdapat senyawa BPA di dalamnya.

Nomor 1, 2, 4 dan 5 dapat digunakan untuk buah hati Anda dengan aman. Namun sekarang telah terdapat banyak botol susu kaca yang sisi luarnya telah dilapisi oleh silicon, sehingga botol kaca tidak mudah pecah saat jatuh dari ketinggian.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *