Ganti Oli Motor Sendiri itu Tidak Ribet

Ganti Oli Motor Sendiri itu Tidak Ribet – Oli dalam mesin sepeda motor layaknya sirkulasi darah dalam tubuh manusia. Cairan ini berfungsi melumasi komponen bergerak dan sekaligus membersihkan dari sisa kotoran. Maka dari itu, ganti oli jangan sampai terlambat, karena bisa dilakukan sendiri di rumah.

Ganti oli menurut buku panduan pemilik umumnya dilakukan setiap 4.000 kilometer atau bahkan kurang dari jarak tersebut. Tidak sulit kok bila ingin ganti oli sendiri di rumah. Alatnya juga mudah dicari, hanya perlu menyiapkan tang, kunci sok 17, dan baskom untuk menampung oli.

Lalu, kapan enaknya oli ini dikeluarkan dari perut mesin? Apakah harus diendapkan semalaman dahulu baru dikeluarkan? Itu semua tergantung dari kebiasaan masing-masing, namun sebenarnya tidak perlu harus diendapkan semalaman kok.

Bila ganti oli yang ideal itu saat kondisi mesin masih hangat. Namun, hindari ganti oli saat mesin masih panas setelah motor baru saja digunakan. Sebaiknya tidak mengganti oli saat mesin masih panas ialah agar drat baut tidak slek. Saat suhu mesin panas, material besi seperti lebih empuk karena pemuaian, sehingga baut oli yang biasanya keras dibuka malah rentan dol.

Ganti Oli di Pagi Hari

Mengganti oli juga bisa dilakukan saat pagi hari, sebelum motor digunakan beraktivitas. Di waktu ini, oli sudah terkumpul turun di bak karter setelah semalaman motor diparkir. Kondisi mesin juga masih dingin sehingga mudah saat membuka baut pembuangan.

Namun demikian, waktu pagi hari ternyata memiliki kelemahan yaitu oli yang sudah mengental. Dikhawatirkan, masih ada sisa oli yang mengendap di bak karter dan tidak terbuang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *