Kemampuan Bahasa Inggris, Tingkatkan Persaingan Global

Kemampuan Bahasa Inggris, Tingkatkan Persaingan Global – Kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan yang akan dicari banyak perusahaan. Apalagi, pada tahun 2020, Indonesia akan terlibat penuh dalam pasar bebas World Trade Organization (WTO). Itu berarti, kompetisi dalam mencari pekerjaan akan lebih ketat. Di lain pihak, peluang pekerjaan pun semakin besar jika kita mampu menguasai bahasa asing, minimal Inggris.

Wilda Situngkir, Putri Indonesia Pariwisata 2018 memiliki pengalaman menguntungkan karena fasih berbahasa Inggris.

“Waktu ada sesi tanya jawab bareng peserta yang lain, ada dua konsestan lain yang tidak bisa Bahasa Inggris. Walau enggak jago banget, tapi aku bisa jawab, dan itu membantuku lolos ke tahap selanjutnya,” kata wanita yang menjadi Runner-up 3 Miss Supranational 2018 ini dalam konferensi pers SAY YES di Wall Street Pacific Place, Rabu (27/02/19).

Sementara itu, walau Alamanda Shantika lahir di keluarga yang cakap berbahasa Inggris, namun ia terus mengasah kemampuannya.

Ia khawatir tidak mampu bersaing dalam dunia kerja yang semakin tanpa batas ini.

“Waktu itu aku enggak jadi kuliah di luar negeri karena ayahku sakit. Tapi aku bilang ke mamaku kalau aku mau bisa Bahasa Inggris untuk ke depannya,” kata wanita berusia 28 tahun ini.

Menurutnya, kecakapan berbahasa inggris sangat membantu di dalam dunia kerja dan industri.

“Contoh sederhananya nih, kalau aku mau presentasi di depan investor, itu pasti pakai Bahasa Inggris,” tambahnya.

Menurut Kish Gill, CEO Wall Street English (WSE) Indonesia, meningkatnya kemampuan berbahasa asing juga akan menaikkan kepercayaan diri seseorang.

“Hingga nantinya, akan mendorong orang tersebut untuk mengejar mimpinya,” ujar Kish.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *