Medical Check UP Genset | Lihat Asapnya !

Medical Check Up Genset – Asap yang keluar dari knalpot merupakan hasil pembakaran mesin. Warna dan tebalnya asap dari knalpot itu bisa dipakai sebagai indikasi kondisi dari mesin itu sendiri. Mesin yang sehat mengeluarkan asap yang tidak berwarna dan tidak terlihat. Apabila asap keluar dengan tebal dan berwarna putih, abu-abu, hitam atau biru, maka mesin tersebut sedang bermasalah. Asap berwarna hitam disebabkan pembakaran yang kurang sempurna, artinya: ada sejumlah bahan bakar yang gagal terbakar. Sisa bahan bersama udara buangan menjadikan asap berwarna hitam. Kesimpulannya: Asap berwarna hitam dapat menjadi tanda mesin tersebut boros BBM, dan tenaga yang dihasilkannya tidak bisa 100%.

Salah satu penyebab Asap menjadi hitam:

~ Pasokan udara segar untuk pembakaran akibat filter udara kotor, intake manifold bocor atau tersumbat, atau gangguan pada turbocharger, atau valve sudah aus.
~ Saluran gas buang, dimana ada hambatan pada knalpot atau terlalu banyak lika-liku pada pipa pembuangan udara, sehingga udara dari ruang bakar tidak keluar dengan leluasa.
~ Sistem injeksi BBM: Timing injeksi tidak tepat, atau nozzle bermasalah.
~ Kualitas BBM. BBM yang berkualitas jelek atau oplosan tentu lebih rendah titik bakar (flash point) nya sehingga tidak terbakar sempurna.

Asap hitam juga menjadi indikasi bahwa mesin sudah saatnya menjalani overhaul. Asap berwarna putih tipis adalah hal yang normal. Warna putih adalah uap air hasil dari kondensasi di dalam sistem pembuangan. Asap jenis ini seharusnya hanya muncul sebentar dan segera menghilang setelah tidak ada lagi uap air di dalam mesin. Tapi jangan remehkan jika asap putih keluar dengan tebal bahkan setelah mesin lama dijalankan. Hal ini mengindikasikan uap air secara aktif terbentuk di dalam mesin. Kesimpulannya: Asap berwarna putih dapat menandakan adanya gangguan pada sistem pendinginan mesin. Mesin yang terganggu sistem pendinginannya sangat rentan overheating yang dapat menimbulkan kerusakan sangat parah pada mesin.

Salah satu penyebab Asap menjadi putih:

~ Temperatur kerja terlalu rendah.
~ Kebocoran pada ruang bakar sehingga air pendingin masuk ke ruang bakar.
~ Blok mesin retak sehingga air pendingin rembes ke ruang bakar.
~ Kompresi pada ruang bakar rendah akibat silinder liner atau ring piston aus, atau masalah pada dudukan valve.

Asap berwarna kebiruan menandakan masuknya oli (minyak pelumas) ke ruang bakar.

Salah satu penyebab Asap menjadi biru:

~ Kebocoran oli di turbocharger. Oli terbawa masuk ke ruang bakar melalui intake manifold.
~ Oli terisi terlalu penuh.
~ Ring piston atau silinder liner aus sehingga oli tertekan masuk ke ruang bakar.
~ Keausan pada valve guide


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *