Pembaruan cPanel versi 76

Pembaruan cPanel versi 76 – cPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan web hosting. Tanpa cPanel, pengaturan web hosting hanya bisa dilakukan melalui perintah teks. cPanel memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface yang menarik

Update cPanel versi 76 - cPanel Home

 

cPanel baru saja mengumumkan cPanel & WHM Version 76 dan menjadi versi stabil (stable) pada 18 Desember 2018. Bersamaan dengan update tersebut, cPanel juga menjelaskan beberapa perubahan dan pengembangan yang telah mereka lakukan.

Berikut adalah 3 fitur penting yang harus digaris bawahi pada update cPanel Version 76:

1.  Git SSH Host Key Verification

Dengan adanya upgrade keamanan dari cPanel Version 76 ini, sistem akan secara otomatis melakukan verifikasi Host Key tiap kali Anda melakukan kloning repository pada interface Git Version Control. Sistem keamanan ini digunakan untuk menghindari serangan tak terduga dari oknum tak bertanggung jawab.

2.  Seluruh UI Menggunakan PHP 7.2

cPanel telah menggunakan versi PHP 7.2 untuk user interface (UI). Pada cPanel & WHM versi 76 ini, seluruh UI telah di update dari PHP 5.6 ke PHP 7.2.

3. Penghapusan SquirrelMail

Sebelumnya, SquirrelMail ditambahkan ke cPanel saat pertama kali webmail menjadi opsi user cPanel. Namun, SquirrelMail tidak lagi melakukan upgrade dan update sejak 30 Mei 2013 lalu.

cPanel sendiri merasa kesulitan untuk tetap mengupdate SquirrelMail karena minimnya tingkat keamanan tanpa ada update resmi dari webmail tersebut. Sehingga akhirnya cPanel memutuskan untuk tidak melanjutkan upgrade SquirrelMail pada versi selanjutnya.

Pada website resminya, cPanel menyatakan bahwa mereka akan menghapus SquirrelMail secara keseluruhan pada versi versi cPanel selanjutnya (Versi 78).

Hingga artikel ini diterbitkan, cPanel belum mendapatkan pengganti SquirrelMail, sehingga webmail yang tersedia pada cPanel hanya Horde dan Roundcube saja.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *