Penyebab dan Cara Mengatasi Indihome Lemot

Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot – IndiHome menjadi salah satu Internet Service Provider terbesar di Indonesia, sekaligus yang paling populer dan paling banyak digunakan. Meskipun begitu, layanan internet dari IndiHome tidak selalu disuguhkan tanpa cacat. Terkadang bisa terjadi gangguan yang menyebabkan koneksi internet IndiHome lemot.

Buat yang lagi mengalami masalah ini, Jaka punya nih solusi jitu untuk mengatasi Internet IndiHome lemot yang langsung bisa kalian praktekkan. Sebelum masuk ke bagian cara mengatsi koneksi internet IndiHome lemot, kalian perlu tahu terlebih dahulu ciri-ciri gangguan yang terjadi pada koneksi internet IndiHome.

Gangguan semacam ini bisa terjadi sewaktu-waktu karena satu dan lain hal, bahkan terhadap layanan internet dari ISP sekelas IndiHome sekalipun. Mengidentifikasi ciri-ciri ini juga penting untuk membuat kita menjadi lebih mengerti mengenai parameter koneksi internet normal dan yang sedang mengalami gangguan bedanya seperti apa.

1. Tidak Bisa Terhubung ke Internet

Bukan Cuma koneksi internet IndiHome tiba-tiba lemot, gangguan juga bisa menyebabkan perangkat yang kalian gunakan tidak bisa tersambung ke internet sama sekali. Gangguan semacam ini terkadang memang bisa terjadi dan penyebabnya pun bisa berbeda-beda, dan tentunya cara penanganannya pun berbeda.

Ketika kalian merasa semua perangkat IndiHome telah terpasang dengan semestinya, dan tagihan IndiHome pun sudah dibayar ketika hal seperti ini terjadi, bisa dipastikan sedang ada gangguan jaringan.

2. Koneksi Lebih Lambat

Ketika kalian mengunduh suatu file dari situs tertentu dan melihat bandwith download yang lebih rendah dari biasanya, belum tentu itu terjadi karena gangguan.

Untuk mengukur kecepatan koneksi internet, kecepatan download tidak bisa digunakan sebagai indikator karena bisa saja situs download tersebut membatasi kecepatan download para penggunanya. Untuk memastikan bahwa koneksi internet IndiHome lemot, gunakan situs tes kecepatan koneksi internet kalian seperti speedtest dan situs-situs lainnya.

Ketika kalian melihat bahwa kecepatan yang ditunjukkan oleh situs tersebut lebih lambat dari biasanya, barulah data ini bisa menjadi patokan bahwa sedang terjadi gangguan saat itu.

Cara Mengatasinya

Sudah yakin kalau memang koneksi IndiHome lemot, dan berbeda dari biasanya? Sekarang saatnya beralih ke metode mengatasi masalah koneksi seperti ini.

1. Restart Modem

Router menajdi salah satu perangkat yang sering kali menjadi penyebab kenapa IndiHome lemot. Perangkat yang bertanggung jawab sebagai perantara perangkat yang digunakan dengan internet ini, terkadang mengalami eror setelah digunakan beberapa lama yang bisa menyebabkan gangguan kecepatan internet.

Proses restart akan membantu dalam menghilangkan eror yang terjadi pada router yang kalian gunakan, dan sering kali bisa menjadi jalan keluar bagi koneksi internet IndiHome lemot.

2. Batasi Pengguna

Selain karena terjadi eroro pada perangkat yang digunakan, penyebab IndiHome lemot juga bisa terjadi karena terlalu banyak perangkat yang terhubung.

Jika kecepatan internet IndiHome kalian hanya 10MBp/S, dan terdapat lebih dari 5 perangkat yang tersambung kecepatan yang diterima oleh tiap perangkat pun akan menjadi sangat kecil. Terlebih lagi, jika salah satu perangkat melakukan proses download, koneksi pada perangkat lain bisa berkurang secara drastis.

Masuk ke menu admin, masukkan password router kalian dan lihat seberapa banyak perangkat yang terhubung. Jika memang terlalu banyak, batasi jumlah pengguna agar internet kembali lancar.

3. Hapus Cache

Internet IndiHome lemot ketika digunakan untuk browsing, bisa jadi Browser yang kalian gunakan menyimpan terlalu banyak cache. Cache bisa menyebabkan koneksi internet yang kalian gunakan menjadi lambat karena cache berisi data dari kegiatan browsing yang kalian lakukan sebelumnya.

Terlalu banyak menyimpan cache bisa membebani kerja internet browser juga menjadi penyebab IndiHome lemot. Hapus cache pada Browser yang kalian gunakan untuk mepercepat koneksi internet pada saat mengakses internet melalui browser yang digunakan.

Penyebab Koneksi Lemot
1. FUP

Meskipun internet yang kalian gunakan dilabeli sebagai internet unlimited, kebijakan Fair Usage Policy atau yang lebih dikenal sebagai FUP masih diterapkan. Jika penggunaan internet kalian sudah melebihi batas FUP maka kecepatan internet yang digunakan akan secara otomatis dikurangi.

Cara mempercepat Indihome yang lemot pada kasus ini hanya mungkin dilakukan dengan meng-upgrade paket yang kalian gunakan.

2. Perangkat Rusak

Faktor yang sering kali luput dari perhatian kenapa lemot adalah kerusakan pada perangkat yang digunakan. Kerusakan atau eror pada router, wifi yang dipasang, dan kabel optic yang digunakan bisa membuat jaringan internet terganggu dan lebih lambat dari biasanya. Pastikan bahwa setiap perangkat yang kalian gunakan berfungsi dengan baik untuk menghindari turunnya kecepatan internet yang digunakan.

3. Lagi Maintenance

Untuk memastikan layanan yang diberikannya selalu dalam kondisi yang terbaik. Terkadang proses maintenace dilakukan oleh pihak dan hal ini bisa menyebabkan gangguan kecepatan internet. Selain itu, gangguan jaringan juga bisa saja terjadi karena satu dan lain hal yang membuat internet tiba-tiba lemot.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *