Roti Gandum vs Nasi Merah vs Nasi Putih | Mana Pilihanmu?

Roti Gandum vs Nasi Merah vs Nasi Putih – Semua orang baik perempuan ataupun laki-laki pasti ingin memiliki tubuh yang ideal dan sehat, sehingga mereka pasti akan memperhatikan pola hidup dan makanan yang dikonsumsi. Hampir semua orang beranggapan Nasi Merah dan Roti Gandum merupakan makanan yang paling sehat, lalu bagaimana dengan makanan pokok lainnya seperti Nasi Putih ? Apakah Nasi Putih tidak sesehat Nasi Merah dan Roti Gandum ? Apakah Nasi Putih tidak baik untuk dikonsumsi ?

Manakah yang harus saya konsumsi untuk menjaga tubuh saya untuk tetap ideal dan sehat ? Apakah Nasi Putih, Nasi Merah atau Roti Gandum ? Pertanyaan itu sering menjadi masalah besar hampir semua perempuan. Nasi Putih, Nasi Merah atau Roti Gandum sebenarnya itu tergantung dari tujuan dan aktivitas yang anda lakukan sehari-hari. Apakah aktivitas yang anda lakukan membutuhkan tenaga ekstra ? atau aktivitas yang anda lakukan membutuhkan konsentrasi tinggi ? Apapun kegiatan anda dan apapun pilihan anda lebih baik pilih versi “Whole Grain” itulah yang terbaik untuk kesehatan anda.

Menurut sebuah penelitian “Orang yang mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar lebih banyak biji-bijian memiliki kadar gula dan kolesterol lebih sedikit daripada orang yang mengkonsumsi biji-bijian lebih sedikit” yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition”

Kalori

Apabila dilihat dari kandungan kalori yang terdapat pada Nasi Putih, Nasi Merah dan Roti Gandum, maka Roti Gandum memiliki kandungan kalori paling sedikit dari yang lainnya. Tetapi hal tersebut tidak menjadikan Roti Gandum adalah makanan yang “paling” baik untuk dikonsumsi. Apabila anda sedang membatasi kalori maka pernyataan tersebut bisa dianggap sangat cocok jadi pilihan anda, tetapi apabila aktivitas anda membutuhkan banyak kandungan kalori maka pernyataan tersebut tidaklah cocok untuk anda. maka dari itu pilihlah sesuai dengan aktivitas sehari-hari dan tujuan anda mengkonsumsinya.

Serat

Bicara masalah serat, maka Nasi Merah juara-nya. Kenapa Nasi Merah ? Karena makanan tersebut memiliki kandungan serat yaitu sekitar 1,8 gram serat untuk 10 sendok makan. Kandungan serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan anda, mencegah penyakit jantung, dan mampu menjaga berat badan sesuai dengan yang anda inginkan.

Vitamin

Jika anda melihat dari sisi kandungan Vitamin, maka Nasi Putih adalah pilihan yang tepat buat anda. Dimana 10 sendok Nasi Putih mengandung sekitar 77 mikrogram folat atau sekitar 19% kebutuhan vitamin harian anda.

Mineral

Jika dilihat dari sudut pandang kandungan mineral paling banyak, maka Nasi Merah merupakan makanan yang wajib anda konsumsi karena Nasi Merah mengandung 42 mg magnesium atau 11% dari kebutuhan harian anda. Manfaat magnesium adalah untuk memperkuat tulang, meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat detak jantung anda teratur.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *