Teknologi Terbaru Wifi 6 | Wifi Super Ngebut

Teknologi Terbaru Wifi 6 | Wifi Super Ngebut – Ngerasa kalau Wi-Fi kamu lemot banget padahal sudah pakai paket internet unlimited? Kamu pernah mendengar bahwa akan ada teknologi Wi-Fi 6 yang akan hadir di tahun ini?

Seiring dengan perkembangan zaman, ternyata internet cepat memang dibutuhkan oleh semua orang, termasuk berkembangnya teknologi Wi-Fi.

Sebenarnya agak sedikit teknis untuk membahas apa itu Wi-Fi 6. Tetapi sebagai penikmat teknologi ter-update kamu perlu tahu apa itu Wi-Fi 6 yang sedang ramai dibahas oleh banyak orang akhir-akhir ini.

Apa itu Wi-Fi 6

WiFi 6 merupakan generasi penerus dari generasi Wi-Fi sebelumnya yang sudah ada (Wi-Fi 5). WiFi 6 merupakan versi terbaru yang dikenal dengan 802.11ax. Wi-Fi 6 diperkirakan akan muncul pada akhir tahun 2019 dan bisa dinikmati mulai tahun 2020.

Penerus Generasi Wi-Fi

Aturan dan penciptaan mengenai Wi-Fi 6 ini dicetuskan oleh The Wi-Fi Alliance, selaku badan resmi yang menciptakan, mengembangkan, dan membuat standarisasi mengenai Wi-Fi di seluruh dunia.

Artinya, setiap generasi Wi-Fi yang ada di dunia saat ini ditentukan dan dikembangkan oleh The Wi-Fi Alliance. Dalam 10 tahun kebelakang, setidaknya teknologi Wi-Fi sudah berkembang sebanyak tiga kali.

Penamaan tiap Wi-Fi memang sengaja dibuat berbeda agar dapat membedakannya antara Wi-Fi generasi x dengan Wi-Fi generasi y. Jadi, kamu tidak perlu bingung untuk ketika ada orang yang menyebut Wi-Fi 5 = 802.11ac.

Lebih Banyak Perangkat dan Lebih Cepat

Wi-Fi 6 tentu akan mendapat pemutakhiran dalam hal kecepatan transfer data yang dijamin lebih cepat. Diperkirakan WiFi 6 akan memiliki data transfer lebih tinggi 40% dibanding WiFi 5.

Wi-Fi 6 juga akan dibekali kemampuan MIMO (Multiple In/Multiple Out) yang lebih baik. Sejumlah antena tambahan akan disertakan pada perangkat Wi-Fi 6, sehingga setiap akses jaringan mampu bekerja dengan banyak perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Wi-Fi 5 sebenarnya bisa membuat akses jaringan dapat berbicara dengan perangkat lain secara bersamaan. Namun, tidak dapat menerima respon secara bersamaan.

Pembaharuan di Wi-Fi ini kemungkinan akan sangat berguna ketika IoT sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Lebih Efisien

Kalau kamu penggemar game dengan kualitas super HD, pasti akan merasa senang dengan kehadiran Wi-Fi 6 ini. Bandwidth keseluruhan per pengguna yang terhubung dengan Wi-Fi 6, cocok untuk video Game ultra-HD dan streaming virtual reality.

Wi-Fi 6 memiliki jangkauan maksimal titik akses (access point) yang lebih tinggi dan bisa 4x lebih jauh dibandingkan dengan Wi-Fi 5. Wi-Fi 6 juga dianggap cocok untuk lingkungan outdoor dan dijadikan Wi-Fi Publik.

Wi-Fi 6 mampu mengelola koneksi data dari jaringan seluler jika sinyal yang diterima buruk, sehingga koneksi di Wi-Fi 6 bisa lebih maksimal.

Oh iya, patut digaris bawahi, Wi-Fi 6 tidak terkait langsung dengan Teknolgi 5G yang kemungkinan hadir di akhir tahun 2019 ini juga. 5G lebih fokus pada kecepatan internet dan Wi-Fi 6 lebih pada hal pendistribusian.

Menghemat Baterai

Sebenarnya ada lebih dari 50 teknologi baru yang akan berubah dari Wi-Fi 5 ke Wi-Fi 6, salah satunya adalah mengenai penghematan baterai yang mungkin akan terjadi.

Secara sederhana, Wi-Fi 6 memungkinkan perangkat smartphone, laptop atau perangkat lainnya yang terhubung dengan Wi-Fi 6 menjadi “lebih pintar” karena bisa memberi sinyal otomatis kapan perangkat tersebut harus terhubung Wi-Fi, kapan harus terputus dengan jaringan Wi-Fi.

Jadi, kalau kamu merasa ribet harus download aplikasi penghemat baterai di Android atau iPhone kamu, masalah ini akan terselesaikan jika teknologi Wi-Fi 6 sudah benar-benar ada.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *