Tips Persiapan UAS Semua Mata Pelajaran

Tips Persiapan UAS Semua Mata Pelajaran – Semakin mendekati akhir tahun pelajaran, tandanya juga semakin dekat dengan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Tidak ada jalan lain supaya sukses menghadapi UAS, kecuali belajar. Dengan belajar, kamu bisa menyelesaikan soal-soal UAS karena kamu sudah mempelajarinya. Belajar merupakan salah satu orientasi wajib bagi para pelajar supaya menjadi pintar, mendapatkan nilai yang baik dan juga lulus ujian sekolah. Tidak menutup kemungkinan juga kalau belajar kadang dapat menjadikan sesuatu yang membosankan dan membuat kamu mengantuk. Maka dari itu, kamu wajib simak hal-hal berikut tentang belajar yang akan membuatmu lebih bersemangat dalam belajar.

Belajar Jauh-Jauh Hari Sebelum UAS

Belajar yang paling efektif yaitu kamu harus belajar jauh-jauh hari sebelum UAS datang. Dengan belajar jauh-jauh hari, kamu akan lebih memahami materi yang sulit dan juga kamu nggak akan merasa terdesak dengan waktu. Jangan sampai kamu belajar satu hari sebelum UAS atau yang biasa disebut dengan sistem kebut semalam. Sebaiknya kamu hindari karena hal itu akan semakin membuatmu terkekang dan terdesak oleh waktu yang membelenggu. Selain itu, kamu juga akan merasa cepat bosan kalau belajar sehari sebelum UAS.

Review Catatan

Kalau kamu sudah belajar jauh-jauh hari sebelum UAS dan kamu sudah paham akan semua materi itu, semalam sebelum UAS, yang perlu kamu lakukan hanyalah mereview. Membaca ulang materi-materi itu hanya sebagai pengingat saja. Tidak perlu membacanya terlalu serius dan juga jangan memforsir tenaga di malam hari hanya untuk review catatan. Pasalnya, kalau kamu terlalu serius membaca catatan di malam harinya, pagi harinya kamu akna merasa lelah dan tidak fresh.

Selain itu, setiap hari usahakan kamu harus review catatan, meskipun UAS masih telrihat sangat jauh sekali waktunya. Dengan mereview catatan setiap malam, dengan mudah kamu akan menghafal semua pelajaran, jadi di waktu ujian kamu akan terbiasa dan tidak terlalu berat dengan materinya.

Sebelum memasuki ruang ujian, kamu juga dapat me-refresh otakmu dengan membaca catatanmu. Dengan begitu, kamu akan siap menghadapi UAS karena sudah tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan lagi. Me-refresh catatan sebelum UAS berlangsung akan memudahkan kamu untuk mengingat kembali materi karena mungkin saja kamu lupa karena terbawa oleh tidur.

Melakukan Latihan Mengerjakan Soal Sendiri

Kalau kamu sudah paham akan semua materinya, kamu harus menguji kemampuanmu dnegan berlatih mengerjakan soal-soal. Sejatinya, materi dari satu mata pelajaran itu terdiri dari banyak sub-bab. Jadi, kamu diharuskan untuk memahami semua sub-bab tersebut dengan praktek mengerjakan soal-soal. Dengan begitu, kamu akan lebih ringan ketika mengerjakan soal UAS karena kamu sudah sering berlatih mengerjakan soal-soal itu.

Mengerjakan soal tidak hanya dikerjakan dan kebetulan saja benar, tapi kamu juga harus memahami bagaimana cara penyelesaiannya. Untuk beberapa soal hitungan memang tidak diharuskan untuk menyertakan bagaimana cara penyelesaiannya, tapi masih dituntut untuk mengetahui rumusnya. Untuk itu, kamu diwajibkan untuk menghafal rumus-rumus pada mata pelajaran hitungan.

Belajar Kelompok

Kalau cara diatas masih belum bisa membantumu untuk memahami materi, kamu bsia membentuk tim kelompok belajar. Belajar kelompok ini bisa membuatmu sangat tertolong karena aka nada banyak teman yang membantumu untuk menyelesaikan soal-soal yang kamu angap susah. Kamu bisa bertanya dan sharing dengan temanmu secara leluasa dan terbuka. Tidak adanya rasa sungkan ataupun canggung karena sama-sama belajar supaya sukses dalam UAS.

Belajar dengan Guru Privat atau Dibimbingan Belajar

Belajar tidak hanya bisa dilakukan dengan teman sebaya saja, tapi juga dengan guru privat yang siap membantumu. Guru privat yang kamu datangkan ke rumah akan sangat membantu kamu kalau UAS akan datang. Guru privat akan menjelaskan meteri yang kamu belum paham dan mengajarimu dengan telaten. Namun, kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendatangkan guru privat ke rumah.

Selain guru privat, kamu juga bisa pergi ke tempat lembaga bimbingan belajar. Di tempat bimbel, kamu bisa bertanya sepuasmu tentang materi yang belum kamu pahami, sayangnya kamu juga harus bergantian dengan pertanyaan dari teman lainnya. Seperti yang kamu tahu kalau di tempat bimbel banyak muridnya.

Dengan melakukan cara belajar yang efektif diatas, diharapkan kamu bisa menyelesaikan semua soal UAS dengan baik dan benar. Belajar tidak akan seimbang tanpa adanya doa yang juga akan menjadi pengiring kesuksesanmu di UAS.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *